Firdaus Syam, Phd. MA: "Islam Harus Mampu Menjawab Tantangan Global"

Firdaus Syam, Phd. MA: "Islam Harus Mampu Menjawab Tantangan Global"

Firdaus Syam, Phd. MA, Wakil Direktur Program Pascasarjana UNAS, menghimbau umat Islam harus mampu menjawab tantangan global. Himbauan ini disampaikan pada diskusi “Dialog Pelibatan Da’i Dalam Program Pencegahan Radikal Terorisme di DKI Jakarta” yang digelar di Hotel Sriwijaya, Jakarta (20/4/2016).

Menurut Firdaus, di tengah masalah klasik seperti kemiskinan dan sulitnya mengikuti alur rotasi negara maju dalam percepatan pertumbuhan ekonomi, negara dunia ketiga dewasa ini menerima tumpahan masalah. 

“Utamanya terorisme yang menjadi trending topic dunia. Lalu mengapa penyakit terorisme ini menjangkiti negara dunia ketiga, jika kita analisa bersama tentunya kesejahteraan masyarakat dan situasi politik yang brutal menjadi problem utama,” jelasnya. 

Sehingga, kata dia, membentuk jiwa anarkis dan membuat masyarakat secara individu atau dalam bentuk kelompok untuk menyebarkan teror skala kecil hingga skala besar, yaitu menghancurkan negara.

Dia mengatakan, konflik yang berkembang bila tidak mampu dikendalikan dapat berkembang menjadi krisis. Tidak mustahil dapat mengarah pada disintegrasi bangsa dan negara. “Krisis dapat pula terjadi secara eksplosif, menimbulkan perubahan-perubahan besar dalam kehidupan bangsa,” ucapnya.

SAMBUT POSITIF

Para peserta diskusi yang terdiri dari perwakilan Da’i se- DKI Jakarta menyambut positif acara penyelesaian radikal teroris melalui diskusi keagamaan. Banyak pertikaian atau konflik diselesaikan dengan cara security approach bukan dengan cara dan semangat dialogis-persuasif. Akibatnya berubah menjadi konflik terbuka, maka permasalahan konflik yang diselesaikan dengan tidak tuntas pada masa sebelumnya berlanjut menjadi sebuah “bom waktu” yang kemudian meledak. 
Acara diskusi ini dilanjutkan dengan pembekalan metodologi dakwah bagi da’i. Diharapkan degan acara seperti ini, Jakarta semakin kondusif tanpa diganggu radikal terorisme. - Tim Media FKPT DKI





  Tentang Penulis

by : @fkptdki
ayo Jaga Jakarta
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

*Komentar Anda Akan di verifikasi terlebih dahulu oleh admin sebelum ditampilkan