Gelar Acara Dialog Publik, FKPT DKI Jakarta mengajak Tokoh Pemuda dan Perempuan Cegah Terorisme

27 Okt 2015, 11:25:58 WIB - dibaca 709 kali
KATEGORI BERITA : Jagajakarta TAG BERITA : jakarta
Gelar Acara Dialog Publik, FKPT DKI Jakarta mengajak Tokoh Pemuda dan Perempuan Cegah Terorisme

Bertempat di ITC Cempaka Mas 26/10/15 Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DKI Jakarta menggelar acara Dialog Publik Peran Tokoh Pemuda dan Perempuan dalam Pencegahan Terorsme di Provinsi DKI Jakarta. Acara yang di gelar sejak pukul 09.00 tersebut dibuka oleh Kepala  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta DR. H. Ratiyono.  Dalam sambutanya Ratiyono mengajak seluruh elemen Pemuda dan Perempuan yang hadir, untuk bersama – sama menjaga jakarta dari aksi terorisme. Terorisme tidak saja melumpuhkan ekonomi namun mampu memecah belah persatuan dan kesatuan, mampu menimbulkan rasa takut yang disertai saling curiga sesama warga.

Acara yang diikuti 230 Tokoh Pemuda dan Perempuan di DKI Jakarta tersebut menghadirkan 4 Narasumber, Yakni Brigjen Pol Hamidin, KH. Syarifien Maloko, Letkol Laut Arief dan Ir. Hamry Gusman Zakaria, MM.  Sedangkan moderator adalah Raden Umar, Komandan Menwa Jayakarta dan Ust. Abdul Hakim dari Kelompo Diskusi Pencegahan Terorisme Jakarta Utara.

Brigjen Pol Hamidin Direktur Pencegahan BNPT RI yang juga pernah menjabat Kapolres Jakarta Pusat menyampaikan tentang Fakta pelaku, Korban dan cara kerja Pelaku teroris.  Pada tahun 2015 sambungnya, ada 2 tokoh teroris yang dibebaskan, dan mereka sudah dinyatakan tidak radikal. Lulusan Akpol yang pernah beberapa kali memimpin operasi PenangkapanTeroris di Poso ini pun meyakinkan bahwa Negara terus melalukan upaya untuk mencegah munculnya aksi terorisme.

Narasumber ke 2 KH. Syarifien Maloko, mengungkapkan bahwa terorisme adalah kejahatan kemanusiaan, ia musuh ummat manusia, musuh semua bangsa dan musuh semua agama.  Mantan Rektor PTDI ini pun mengungkapkan sebagai sebuah paham Terorisme gagal memahami makna jihad dan mengantinya dengan cara yang bertentangan dengan nilai – nilai agama. Sebagaimana fatwa MUI teror, apapun alasannya tetap haram hukumnya.

Disamping itu FKPT DKI Juga menghadirkan narasumber ke 3 yakni Letkol Arief dari Pusat Komando Angkatan Laut Mabes TNI, dengan tema “membentuk Pemuda dan Perempuan Berwawasan Nusantara”, Pria yang menghabiskan puluhan Tahun di Intelijen TNI AL ini memaparkan tentang bahayanya jika Terorisme bergabung dengan bajak laut dan menjadi Teroriis Maritim, jika ini terjadi indonesia bisa Lumpuh. Untuk itu kecintaan pada negeri menjadi pondasi penting untuk mengawal setiap pergerakan yang ingin menumbangkan Indonesia.  Untuk menimbulkan kecintaan pada negeri mesti diperkenalkan dengan Potensi dan Keunggulan Indonesia kemudian memperkenalkan Peluang dan ancaman yang mungkin mampu meruntuhkan Indonesia. Pemuda dan Perempuan cinta tanah air akan siap berkorban untuk bela negara.

Sessi terakhir adalah Motivasi “Pemuda Garda Jaga Jakarta” oleh Ir. Hamry Gusman Zakariya, MM. Motivator muda ini mengajak peserta yang terdiri dari Unsur Banser, GP Ansor, Pemuda Masjid, Pemuda Gereja, Fatayat NU, Resimen Mahasiswa Jayakarta, Nasyiatur Aisyiah, Pemuda Muhammadiyah, KOHATI, HMI dan PMII DKI Jakarta untuk menjadi garda terdepan menjaga Jakarta dari aksi terorisme.  Karena sebagaimana diketahui Fakta menunjukkan bahwa Pelaku Teror sebagian besar berusia dibawah 30 tahun yakni sebanyak 59% dan dari Tingkat Pendidikan sebanyak 78% berpendidikan paling Tinggi SLTA (termasuk SD, SMP, Drop out SLTA) (INSEP dan Densus 88, 2012). Peserta dengan antusias siap untuk bersama jaga jakarta dari aksi terorisme.


Acara yang diikuti oleh Tokoh Pemuda dan Perempuan juga dihadiri dari Kominda DKI Jakarta, Kodim Jakarta Pusat, Bakesbangpol, Dinas Olah Raga, Biro Dikmental DKI Jakarta dan Biro Kesos DKI Jakarta tersebut juga dilangsungkan Ikrar Jaga Jakarta dan MoU antara BNPT RI, FKPT DKI Jakarta dan Perwakilan Tokoh Pemuda. Mewakili Tokoh Pemuda dari Banser dan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta.

Lihat Foto Kegiatan





  Tentang Penulis

by : @fkptdki
ayo Jaga Jakarta
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

*Komentar Anda Akan di verifikasi terlebih dahulu oleh admin sebelum ditampilkan