Pendekatan Persuasif Ampuh Berantas Terorisme

15 Des 2014, 23:29:25 WIB - dibaca 1299 kali
KATEGORI BERITA : Nasional TAG BERITA : nasional-
Pendekatan Persuasif Ampuh Berantas Terorisme

Teroris masih jadi ancaman utama bangsa.

JAKARTA-Pendekatan yang lembut dan persuasif sangat penting dalam upaya pemberantasan terorisme. Diakui, terorisme masih menjadi ancaman potensial bagi keamanan Indonesia. Hal tersebut karena pergerakan penyusupan dan regenerasi paham radikalisme dewasa ini telah berani masuk ke tempat-tempat ibadah, lembaga pendidikan keagamaan, sekolah, kampus, penjara bahkan penyebaran melalui media.

"Terorisme tidak bisa diatasi dengan penegakkan hukum semata. Tapi paling penting melalui pendekatan yang lembut dan persuasif," kata?Direktur Perlindungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol Herwan Chaidir, saat membacakan pidato Kepala BNPT Irjen Pol Saud Usman Nasution, dalam acara Sosialisasi "Blue Print" atau cetak biru Pencegahan Terorisme, di Jakarta, Kamis malam (11/12).

Menurut dia, ada dua strategi yang dijalankan BNPT dalam pemberantasan terorisme.

Strategi pertama, kontraradikalisasi yakni upaya menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan nilai nonkekerasan. Stategi ini dilakukan melalui pendidikan formal dan nonformal dengan menyasar pada pendukung, simpatisan dan masyarakat umum.

Strategi kedua yakni deradikalisasi bagi kelompok-kelompok inti teroris dan militan dengan tujuan agar mereka meninggalkan cara-cara kekerasan dalam memperjuangkan misinya. "Strategi ini dilakukan di dalam maupun di luar lembaga pemasyarakatan," ujar Herwan.

Sementara rasa kebangsaan yang rendah membuat masyarakat kurang peka terhadap penyusupan paham-paham radikalisme di tengah masyarakat.

"Pandangan keagamaan yang eksklusif dan lemahnya nasionalisme menyebabkan masyarakat menjadi apatis terhadap infiltrasi paham-paham itu," tutur dia.

Herwan menambahkan, BNPT membutuhkan keterlibatan masyarakat karena upaya untuk mencegah tindakan radikal dan terorisme bukan hanya tugas BNPT dan pemerintah semata.





  Tentang Penulis

by : @fkptdki
ayo Jaga Jakarta
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

*Komentar Anda Akan di verifikasi terlebih dahulu oleh admin sebelum ditampilkan